Senin, 14 November 2011

Kehidupan Budaya di Brisbane - Australia


Brisbane adalah kota dengan berbagai gelar budaya penting. Pusat Budaya Queensland yang luas di South Bank, yang menyelenggarakan segala bentuk kegiatan seni dan sejumlah pameran kelas dunia. Namun harta karun nasional berupa galeri, museum, teater dan ruang seni ini hanyalah permulaan dari petualangan kita. Pusat budaya Brisbane mencakup New Farm yang eklektik dan Fortitude Valley serta kota itu sendiri, dengan gedung peninggalan bersejarah dan kesenian publiknya. 
Kita juga bisa menikmati nyaris segala jenis budaya di bawah atap Pusat Budaya Queensland yang dirancang dengan arsitektur yang menakjubkan di South Bank. Mulailah dari Galeri Seni Modern, yang menaungi lebih dari 10.000 karya seni Australia dan internasional dan merupakan yang terbesar di Australia. Pameran retrospektif karya Valentino dan Warhol hanyalah sebagian dari begitu banyak pameran internasional bergengsi yang pernah digelar di sini.
Saksikan tulang-belulang dinosaurus Queensland di Museum Queensland, yang di lantai bawahnya terdapat Pusat Sains Queensland yang menghadirkan serunya sains interaktif. Kenakan busana terbaik untuk menghadiri pertunjukan balet, opera, konser atau musikal di Pusat Seni Pertunjukan Queensland atau kunjungi Perpustakaan Negara Bagian Queensland yang megah.
Di New Farm, kawasan industri yang telah diubah menjadi Brisbane Powerhouse merupakan tempat pertunjukan teater, komedi, tari, seni, pasar dan restoran. Bersantap sianglah di restoran tepi sungai, sambangi berbagai pameran dan nikmati serunya festival yang kerap digelar di sini. kita bisa berjalan kaki menyusuri jalan terapung dari sini menuju Fortitude Valley yang berada tak jauh, sebuah pusat pertunjukan musik, kehidupan malam dan budaya tandingan. Lembah yang dulunya berpasir ini telah berubah, namun tetap mempertahankan komunitas budaya yang beragam dan nuansa bohemia. Tonton film rumah seni, kunjungi teater independen dan saksikan musisi tampil di tempat yang kaya akan sejarah cadas setempat.
Di pusat bisnis  Brisbane, kita bisa menyaksikan pertunjukan orkestra di antara tiang-tiang Korintian yang megah di Gedung Kepabeanan yang tercatat sebagai peninggalan bersejarah. Saksikan segalanya mulai dari pertunjukan kabaret sampai komedi di Gedung Tresuri yang dibangun dengan gaya palazzo Italia atau saksikan konser komunitas di Balai Kota Brisbane yang bersejarah. Peninggalan bersejarah lainnya di kota ini adalah gereja St John’s Anglican Cathedral dan Gedung Parlemen Lama, yang menghadap ke Kebun Raya yang rindang. Universitas Teknologi Queensland juga memiliki kawasan budayanya sendiri, yang mencakup Roundhouse Theater, tempat La Boite Theatre Company tampil. 
Semaraknya budaya di kota ini semakin terasa saat berlangsungnya Festival Brisbane, yang digelar mulai pertengahan September hingga awal Oktober. Nikmati semaraknya malam pembukaan di tenda kaca milik Queensland sendiri. Padu-padankan pertunjukan sirkus memukau dengan pameran multimedia pada layar plasma dan produksi terbaru dari Queensland Ballet. Saksikan para penyanyi internasional seperti Chris Isaak atau nikmati pertunjukan komedi, kabaret, sulap dan pertunjukan berskala kecil sebagai penyemarak festival. Ibu kota sub tropis ini mungkin terasa santai, namun program budayanya sangatlah padat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar