Rabu, 28 Desember 2011

1. Peranan pemasaran dalam perusahaan dan masyarakat


a). pengertian pemasaran
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
Jadi menurut saya, pemasaran adalah suatu kegiatan/proses perdagangan dalam produk maupun jasa melalui proses penukaran dari tangan produsen ke tangan konsumen untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing .
b). Pengertian manajemen pemasaran
         Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi (Kotler, 1997).
Yang dimaksud dengan manajemen pemasaran adalah suatu proses yang terdiri dari menganalisis, merencanakan, dan mengkoordinir serta mengendalikan dsan mengawasi kegiatan pemasaran itu sendiri agar terlaksananya tujuan dan mencapaimtujuan yang lebih cepat dan efisien.
  c). Peran pemasaran dalam organisasi
         Dalam sektor bisnis, pemasaran mulai di sadari oleh berbagai perusahaan pada waktu yang berbeda. Unilever, Philips, Sony, dan Canon termasuk pelopor di Asia. Praktik pemasaran juga berbeda antar Negara. Secara umum, pemasaran paling cepat menyebar di perusahaan-perusahaan penghasik barang konsumen dlam kemasan ( consumer packaged/goods), perusahaan-perusahaan penghasil barang konsumen dalam kemasan ( consumer durable-goods), dan perusahaan-perusahaan peralatan industry. Dalam decade terakhir, perusahaan-perusahaan jasa atau pelayanan konsumen (consumer service firm0, khususnya penerbangan dan bank, telah menuju pemasaran modern. Pemasaran mulai menarik minta perusahaan dan palang saham, meskipun mereka masih harus banyak belajar dalam menerapkan secara efektif.

  d). Konsep pemasarn
            Konsep pemasarn terdiri dari ( kebutuhan, keinginan, dan permintaan )

Jadi, dapat saya simpulkan konsep pemasaran akan terjadi jika adanya kebutuhan yang memang perlu dipakai oleh konsumen baik berupa produk maupun jasa, setelah itu keinginan konsumen akan memilih barang/ jasa yang diperlukan sesuai keinginan mereka masing-masing,setelah adanya kebetuhan dan keinginan, maka secara otomatis konsumen akan melakukan permintaan kepada produsen atas barang/jasa .
e). tanggungjawab manajer pemasaran dalam perusahaan
- Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap manajemen bagian pemasaran
- Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap perolehan hasil phenjualan dan penggunaan dana promosi
- Manajer pemasaran sebagai koordinator manajer produk dan manajer penjualan
- Manajer pemasaran membina bagian pemasaran dan membimbing seluruh karyawan dibagian pemasaran
- Manajer pemasaran membuat laporan pemasaran kepada direktur.

f). Peran Pemasaran Dalam Masyarakat
Pemasaran memungkinkan masyarakat meningkatkan kemakmurannya melalui proses pertukaran. Pemasaran menambah nilai (utilitas) pada produk. Utilitas adalah kemampuan suatu produk untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Macam-macam utilitas :
1.             Utilitas Bentuk, yaitu manfaat yang dirasakan pada konsumen karena perubahan bentuk produk. Pemasaran secara tidak langsung memberikan manfaat bentuk melalui pemberian ide mengenai produk kepada bagian produksi.
Contoh : suatu bank membuat fasilitas ATM untuk memudahkan nasabah.
2.      Utilitas tempat, yaitu manfaat yang dirasakan konsumen karena dapat menikmati produk ditempat yang diinginkan.
Contoh : Mesin ATM ditempatkan ditempat yang strategis.
3.      Utilitas waktu, yaitu manfaat yang dirasakan konsumen karena dapat menikmati produk pada saat dibutuhkan.
Contoh : Fasilitas ATM memberikan pelayanan 24 jam.
4.      Utilitas kepemilikan, produk akan bisa member manfaat yang optimal jika telah terjadi perpindahan kepemilikan. Pemasaran membantu berpindahnya kepimilkan suatu produk.
Contoh : Nasabah dapat mengambil sendiri uang yang dibutuhkan.

g). Tanggung Jawab Sosial
            Kecenderungan monopoli pada media, bahwa masyarakat atau public tidak kurang memperhatikan dan tidak berkepentingan dengan hak-hak atau kepentingan golongan di luar mereka, dan bahwa komersialisasi menghasilkan budaya rendah dan politik yang serakah. Media harus meningkatkan standar secara mandiri, menyediakan materi mentah dan pedoman netral bagi warga Negara untuk mengatur dirinya sendiri. Hal ini sangat penting bagi media, karena kemarahan public akan memaksa pemerintah untuk menetapkan peraturan untuk mengatur media.

h). Dimensi Tanggung Jawab Perusahaan
            Perusahaan-perusahaan beroperasi dalam berbagaii macam situasi yang mempunyai akibat-akibat sosial. Oleh karena itu perusahaan tidak bisa melepaskan tanggungjawab sosialnya kepada masyarakat. 

Adapun tanggungjawab dari pengusaha adalah:

Mendapatkan Laba
Tanpa laba perusahaan tidak dapat meneruskan untuk mengoperasikan karyawan atau tidak dapat menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan masyarakat. Laba merupakan imbalan bagi pemilik perusahaan yang mempertaruhkan modal mereka pada perusahaan.

Memperhatikan Kesejahteraan Karyawan
Pengusaha juga bertanggungjawab untuk memperhatikan dan memelihara karyawanya. Ini berarti bahwa perusahaan diharapkan dapat memberikan kepuasn kepada karyawan, misalnya:
·                     Memberikan gaji yang layak.
·                     Memelihara kondisi kerja yang baik.
·                     Memberikan hak kepada serikat kerja untuk memperoleh kesempatan yang sama bagi setiap karyawan.
Kalau hal-hal tersebut tidak diperhatikan, maka akibatnya akan terasa pada laba perusahaan. Beberapa perusahaan menganggap bahwa pembayaran upah yang memuaskan serta pemberian tunjangan tambahan dapat mendorong produktifitas yang lebih tinggi.

Memelihara Lingkungan Fisik
Tentunya masyarakat tidak mau menderita akibat polusi yang ditimbulkan oleh perusahaan. Oleh sebab itu perusahaan harus dapat mengatasi masalah polusi yang ditimbulkanya meskipun biaya yang dikeluarkan cukup tinggi. Apabila hal tesebut dikesampingkan, akan berdampak pada publisitas yang tidak menguntungkan yang berakibat pada turunya penjualan.

Kondisi Masyarakat di Sekitar Perusahaan
Faktor lingkungan lain yang menjadi tanggungjawab perusahaan untuk memeliharanya adalah kondisi masyarakat di sekitar perusahaan. Sering daerah ini merupakan daerah tempat tinggal atau daerah padat penduduk, dan hal ini sangat besar pengaruhnya terhadap kegiatan usaha perusahaan. Oleh sebab itu, kalau perusahaan ingin melakukan kegiatan bisnis yang baik harus memelihara hubungan masyarakat dengan baik.

i). Konsumerisme
Konsumerisme adalah paham atau ideologi yang menjadikan seseorang atau kelompok melakukan atau menjalankan proses konsumsi atau pemakaian barang-barang hasil produksi secara berlebihan atau tidak sepantasnya secara sadar dan berkelanjutan. Hal tersebut menjadikan manusia menjadi pecandu dari suatu produk, sehingga ketergantungan tersebut tidak dapat atau susah untuk dihilangkan. Sifat konsumtif yang ditimbulkan akan menjadikan penyakit jiwa yang tanpa sadar menjangkit manusia dalam kehidupannya.

j). Pemasaran dalam lingkungan yang berubah
Perusahaan harus terus melakukan pengamatan secara terus menerus dan beradaptasi dengan lingkungan yang bersifat kompleks dan terus berubah-ubah. Untuk mempertahankan hubungan yang berhasil kepada pelanggan.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar